Tentang Kami

Tugas Pokok :

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota mempunyai Tugas Pokok merumuskan kebijakan operasional Dinas, mengendalikan, membina dan memberikan pelayanan teknis di bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika  secara terpadu bersama instansi terkait, sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Fungsi :

Dalam menyelenggarakan Tugas Pokoknya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi :

  1. Merumuskan kebijakan teknis di bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika  sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Walikota berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Melaksanakan Pembinaan dan Koordinasi penyelenggaraan informasi dan administrasi Perhubungan dengan instansi terkait, swasta, LSM dan organisasi kemasyarakatan lainnya.
  3. Melaksanakan Pengendalian dan Pengawasan Teknis Operasional di bidang Perhubungan serta Evaluasi dan Pelaporan.
  1. Melaksanakan pemberian ijin atau rekomendasi dibidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.
  2. Merumuskan perencanaan pembangunan dan pemeliharaan dibidang Perhubungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan umum yang ditetapkan oleh Waikota.
  3. Membina Unit Pelaksana Teknis Dinas dalam lingkup tugasnya.

a.   Kebijakan

Dalam rangka mendukung tercapainya tujuan dan sasaran maka kebijakan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota palangka Raya diarahkan pada upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas prasarana dan sarana transportasi melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, pembangunan dan pemeliharaan prasarana dan sarana transportasi serta penyelengaraan tertib administrasi ketatausahaan dan keuangan untuk mewujudkan profesionalisme Sumber Daya Manusia Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Palangka Raya.

b.   Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Palangka Raya adalah :

“Meningkatnya kualitas dan kuantitas Prasarana dan Sarana Transportasi, Komunikasi dan Informatika  yang didukung oleh SDM Perhubungan, Komunikasi dan Informatika yang berkualitas”

Sasaran yang ingin dicapai pada Tahun 2014 adalah :

  1. Memberikan pendidikan dan latihan aparat pada pendidikan dan latihan dibidang transportasi untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.
  2. Memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam penggunaan jasa Transportasi, Komunikasi dan Informatika.
  3. Memberikan kepuasan dalam hal penggunaan jasa transportasi terhadap masyarakat sehingga tercipta suatu system transportasi yang handal.
  4. Sosialisasi kepada masyarakat tentang system transportasi dalam rangka menciptakan masyarakat yang tertib berlalu lintas.
  5. Meningkatkan kualitas pelayanan di bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.